Cara Install CyberPanel Pada Ubuntu 18.04 Dan 20.04

CyberPanel merupakan panel yang bersifat open source dengan web server LiteSpeed dan OpenLiteSpeed. CyberPanel berfungsi sama seperti panel pada umumnya yaitu agar mempermudah kita dalam mengelola website yang berada dalam server VPS maupun Dedicated. Panel ini memiliki 2 versi yaitu gratis dan berbayar jika kalian menggunakan versi gratis maka akan menggunakan web server OpenLiteSpeed dan untuk versi yang berbayar akan menggunakan web server LiteSpeed Enterprise.

Baca Juga: Tutorial Add On Domain dan Install Panel aaPanel Pada VPS

Sebelum memulai instalasi maka kalian harus memiliki VPS ataupun Dedicated dengan sistem operasi Ubuntu, untuk sistem operasi Ubuntu yang didukung adalah Ubuntu 18.04 dan Ubuntu 20.04.Server yang kalian harus memiliki minimal 1GB RAM, 10GB Storage dan sudah terinstall Python versi 3.x. Jika server kalian sudah memenuhi kriteria tersebut dapat kita mulai saja untuk melakukan instalasi panelnya.

1. Update

Jika pertama kalinya kalian mempunyai VPS dan belum konfigurasi apapun maka saya sarankan kalian melakukan apt update terlebih dahulu.

2. Upgrade

Jika proses update telah selesai maka jalankan perintah apt upgrade.

3. Download Installer CyberPanel

Setelah proses update dan upgrade selesai maka selanjutnya adalah mendownload dan menjalankan installer CyberPanel dengan perintah dibawah ini:

sh <(curl https://cyberpanel.net/install.sh || wget -O – https://cyberpanel.net/install.sh)

Setelah itu tunggu agar sampai muncul pilihan install CyberPanel.

4. Instalasi CyberPanel

Apabila proses download sudah selesai maka kalian akan memasuki tahapan instalasi seperti pada gambar dibawah ini:

Instalasi CyberPanel

Silahkan ketik angka 1 dan tekan Enter untuk memulai instalasi.

Nantinya kalian akan diminta untuk memilih versi CyberPanel apakah ingin yang OpenLiteSpeed (Gratis) ataupun LiteSpeed Enterprise (Berbayar) pada tutorial ini saya akan menginstall versi OpenLiteSpeed.

Versi CyberPanel
5. Instalasi Packages & Extensions

CyberPanel memiliki packages & extensions dan juga password untuk login.

Pertama, jika anda ingin menginstall secara penuh termasuk PowerDNS, Postfix dan lain sebagainya, jika iya maka ketik Y dan tekan Enter.

CyberPanel Full Service

Kedua, apakah kalian ingin melakukan remote MySQL? Jika iya maka ketik Y dan tekan Enter, untuk default maka tidak akan di install.

CyberPanel Remote MySQL

Ketiga, pada tahap ini anda akan diminta untuk memilih versi CyberPanel, jika ingin melakukan instalasi versi terbaru maka cukup tekan Enter saja, pada saat saya menulis artikel ini adalah versi 2.1.1.

CyberPanel Versi Terbaru

Keempat, kalian akan diminta password untuk login panelnya, d pilihan default, r pilihan random, s pilihan custom password, saya menyarankan untuk r ataupun s. Pada tutorial ini saya akan menggunakan password random.

CyberPanel Password